ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PADA PRODUK BOSS G EAR SHIFT 4NS DENGAN METODE DMAIC

Helena Sitorus, Achmad Muhazir, Bima Fahri Santoso

Abstract


PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang automotive parts;  salah satu produk yang dihasilkan  Boss Gear Shift 4NS. Pada produksi Boss Gear Shift 4NS periode Oktober 2022–September 2023 terjadi rata-rata defect sebesar 2,7% melebihi batas toleransi perusahaan yaitu 2.5%. Untuk itu dilakukan penelitian yang  bertujuan menentukan akar rmasalah dominan penyebab defect, selanjutnya menentukan usulan perbaikan dan mengetahui perkiraan sigma level setelah perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa defect yang dominan terjadi adalah mentok shaft, lolos shaft, dan slitting miring. Ketiga defect tersebut  mempunyai akar masalah dominan yang sama yaitu berada pada faktor mesin (machine) dan faktor metode (method). Usulan perbaikan telah ditentukan untuk mengatasi akar masalah dominan penyebab defect. Perkiraan rata-rata kenaikan sigma level setelah upaya perbaikan dilakukan adalah sebesar 6,83% yaitu sebesar 4,38 dimana sebelumnya sebesar 4,10.

Keywords


kualitas; DMAIC; pengendalian kualitas; defect

Full Text:

PDF Full Article

References


Berlyan, R., Kurniawan, W., & Sari, I. P. (2021). Usulan Perbaikan Kualitas Produk Topside Menggunakan Metode FMEA di PT. XYZ. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 14(2), 189–203.

Dewo, P,D., Nana, R. A., & Bachtiar, I. (2020). Perbaikan Kualitas Produk Tas Daypack Menggunakan Metode FTA dan Teorija Rezhenija Izobretatelskih Zadach (TRIZ). Prosiding Teknik Industri, 6(2), 84–192.

Fitriani, Budiman, I., Saori, S., Anwar, R. N., & Pangestu, M. Y. (2021). Analisis Pengendalian Mutu di Bidang Industri Makanan (Studi Kasus: UMKM Mochi Kaswari Lampion Kota Sukabumi). Jurnal Inovasi Penelitian, 32(8), 508–510.

Herlina, R. L., & Mulyana, A. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Waring Dengan Metode Seven Tools di CV. Kas Sumedang. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Waring, 16(1), 37–49.

Ikhsan, M. F., Pusporini, P., & Rizqi, A. W. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Flat Bar dengan Metode Six Sigma pada PT. Jatim Taman Steel. Jurnal Sistem dan Teknik Industri. 2(3), 315–325.

Kaisupy, T. D. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk pada UD. Dwi Jaya di Kota Masohi. Jurnal Ilmu Ekonomi Adventage, 7(2), 31-42

Kurniawan, A. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Kue Lapis Kukus Surabaya Berdasarkan Metode Six Sigma. STATISTIKA: Journal of Theoretical Statistics and Its Applications, 18(1), 21–29.

Lestari, R. C., Handayani, K. F., Firmansah, G. G., & Fauzi, M. (2022). Upaya Meminimalisasi Cacat Produk dengan Impementasi Metode Lean Six Sigma Studi Kasus Perusahaan PT. XYZ. Bayesian: Jurnal Ilmiah Statistika dan Ekonometrika, 2(1), 82–93.

Nirfison, N., & Soesilo, R. (2022). Analisis Cacat pada Pemasangan Gasket di Lini Assembly dengan Pendekatan DMAIC Six Sigma. Jurnal Taguchi: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 2(1), 14–25.

Putri, M. A., Chameloza, C., & Anggriani, R. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pengalengan Ikan dengan Metode Statistical Quality Control (Studi Kasus: Pada CV. Pasific Harvest). Food Technology and Halal Science Journal, 4(2), 109–123.

Somadi, S., Priambodo, B. S., & Okarini, P. R. (2020). Evaluasi Kerusakan Barang dalam Proses Pengiriman dengan Menggunakan Metode Seven Tools. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 1–11.




DOI: https://doi.org/10.47532/jiv.v7i1.1016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Vastuwidya Indexed By :

Jurnal Ilmiah Vastuwidya site and its metadata are licensed under CC BY-SA

View My Stats